Javalsco-id


Berita, Tips, dan Tutorial

Welcome

Selamat datang di Javalsco-id - Berita, Tips, dan Tutorial. Website ini membahas tentang berita tentang teknologi, cerita, dan sekitar hidupan, serta Tips dan Tutorial mengenai tentang perasaan, Komputer, dan lain-lain yang berhubungan dengan menunjukkan bagaimana cara menjalankan ataupun solusi. So Let's Surfing and Welcome

Tuesday 9 July 2013

Tips Agar Kuat Menahan Lapar dan Haus Saat Berpuasa

Bagaimana kabar sobat sekalian..? Kali ini Saya ingin memberikan beberapa tips supaya sobat bisa menahan lapar saat sedang menjalankan puasa selama seharian dari sahur hingga buka di maghrib. Berbuka adalah hal yang ditunggu-tunggu saat kita sedang berpuasa dimana kita telah berpuasa selama seharian menahan lapar dan haus. Tapi terkadang kita tidak dapat menahan lapar dan rasa haus yang meradang saat kita menjalankan puasa.. Maka dari itu tidak sedikit dari kita pasti batal dalam menjalankan puasa.
Pada dasar nya kita bisa menahan rasa lapar dan haus seharian tergantung bagaimana kita  menjalankannya, berikut ini adalah beberapa tips agar anda kuat menahan lapar dan haus saat berpuasa:

1. Hindari Mie Instant saat sahur !!
 
Mie Instant siapa yang tidak kenal yang biasa akrab kita sebut dengan Indomie, mungkin sobat merasa keteter karena terlambat bangun untuk sahur sehingga berpikir dari pada tidak makan lebih baik mie instant untuk mengganjal perut. Pendapat saya justru ini salah besar !! Mengapa..? Ya salah besar Mie Instant tidak dapat menahan hingga maghrib karena Mie Instant memiliki kandungan dimana jika anda memakannya anda akan merasa anda memiliki rasa dahaga atau rasa haus yang tinggi. Jadi disamping kata kita memang kenyang tapi baru minum sedikit kita sudah merasa haus karena tenggorokan kering. Ini bisa berakibat fatal !
2. Makanlah Secara Perlahan
Mungkin anda ngaret lagi atau terlambat untuk sahur lagi..? Sehingga anda makan tergesa-gesa. Lebih baik hindari hal ini, karena makan terburu-buru hanya akan membuat sahur kita sia-sia justru malah membuat pencernaan kita bermasalah dan alhasil jadi tidak berpuasa. Mengapa? Ya.. Ada baik nya anda makan secara perlahan mengunyah nya secara perlahan, dan menelan nya dengan cara bertahap tidak sekaligus. Sehingga Lambung atau Organ pencernaan anda tidak kaget menerima begitu banyak makanan bertubi
-tubi. Sehingga organ perncernaan anda dapat mengolah makanan secara perlahan tidak terburu-buru sehingga organ pencernaan anda menjadi kewalahan dan bermasalah nantinya.
3. Makan Buah-buahan
Seringkali orang mengkesampingkan hal-hal ini saat berbuka sehingga makan yang simple nasi dan lauk yang kenyang-kenyang saja. Sehingga berpikir buah tidak penting karena tidak membuat kenyang perut anda. Tidak sepenuhnya benar ada baiknya anda juga mengkonsumsi buah-buahan saat sahur. Buah-buahan yang mengandung banyak air dan bertekstur lembut seperti Semangka, Melon, dan Pepaya. Sehingga dapat menambah energi, vitamin dan mengurangi dahaga saat berpuasa.
4. Fokus Pada yang Apa Anda Kerjakan

Banyak orang memikirkan dan melihat jam berapa lama lagi buka sehingga bolak balik melihat jam. Hindari hal ini karena ini juga merupakan prinsip puasa yang salah. Ada baik nya anda lebih fokus pada apa yang anda kerjakan di kantor atau apa yang sedang anda pelajari jika anda sekolah. Ada baik nya jika kita fokus karena jika kita fokus dengan apa yang kita kerjakan waktu akan terasa lebih cepat berlalu di banding anda melihat jam bolak balik dan bertanya berapa lama lagi buka nya
5. Hindari Tidur Seharian atau Tidak melakukan Aktivitas !

Mungkin anda berpikir karena telah berpuasa tidak makan dan tidak minum jadi anda harus menyimpan energi anda baik-baik dengan tidur dan mengurangi aktivitas anda. Bisa jadi puasa anda akan sia-sia dan perlu diragukan. Karena dengan kita tidur dan tidak melakukan apapun seharian didalam rumah akan membuat kita merasa waktu berlalu sangat amat lama. Bahkan jika anda tidur bisa jadi tidur anda tidak nyenyak sebentar bangun dan tidur. Ada baiknya dalam berpuasa kita tetap menjalani aktivitas keseharian seperti biasanya. Ini akan lebih baik dibanding Tidur dan tidak melakukan hal apapun didalam rumah. Jalani hal apa yang anda senangi atau hobby. Melewati hari dengan hal apa yang membuat kita tersenyum dan senang akan lebih cepat dibanding tidak melakukan aktivitas apapun bahkan tidur dirumah.
Cukup sekian beberapa Tips Agar Kuat Menahan Lapar dan Haus Saat Berpuasa, semoga tips ini dapat membantu dan memberikan solusi bagi anda yang menjalankan ibadah puasa. Semoga ibadah puasa anda dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan kehendak yang diinginkan diatas ! Selamat Menjalan kan Ibadah Puasa !!

No comments:

Post a Comment